Senin, 27 Februari 2012

MODUL MENGENAL KOMPUTER



            Komputer atau PC sudah tidak asing lagi bagi kita.alat ini banyak digunakan
dalam digunakan sehari-hari, terutama pada pekerjaan yang banyak berhubungan dengan database, game, dan sebagainya.
1. Hardware
            Hardware  atau perangkat keras komputer terdiri dari beberapa bagian, yaitu: CPU, Monitor, Printer, Keyboard dan Mouse 
1.1.   CPU
      Central Processing Unit atau yang lebih sering dikenal dengan CPU merupakan komponen utama komputer. Didalam CPU inilah semua proses-proses utama seperti pengolahan data, memproses input dan output dilakukan. Komponen-komponen didalam CPU diantaranya adalah: Processor, yaitu otak atau hardware utama untuk mengendalikan dan mengatur semua proses yang akan dijalankan.Mainboard Yaitu sebuah papan elektronik dimana semua hardware yang berada didalam CPU terpasang atau terkoneksi secara langsung. Pada mainbord ini terdapat chip-chip yang berfungsi untuk membantu kerja Processor.


              

1.2.      Monitor
                     Monitor adalah hardware yang berfungsi sebagai interface untuk menampilkan gambar (output ) yang dapat dimengerti oleh user atau pengguna sehingga komputer tersebut dapat digunakan.













Gambar 1.1. Monitor Tabung dan LCD
1.3.   Printer
                     Printer berfungsi untuk mencetak hasil pengolahan data yang dilakukan pada komputer, dengan printer kita dapat mengetahui secara real data yang kita olah pada komputer.






Gambar 1.2 Printer
1.4.   Keyboard Dan Mouse
                     Keyboard dan Mouse adalah alat untuk memberikan input atau masukan berupa perintah ke komputer, alat ini merupakan komunikasi antara komputer dengan pengguna atau user.


           
Gambar 1.3. Keyboard dan Mouse
2. Software   
      Software atau perangkat lembut komputer misalnya sistem operasi Windows. Software sangat penting didalam komputer karena tanpa sofware secanggih apapun suatu komputer tidak akan bisa digunakan. Software sangat banyak sekali, software untuk sistem pada komputer misalnya Windows, Linux dan sebagainya, sedangkan software untuk aplikasi misalnya Microsoft office, Adobe reader, windows media player, dan sebagainya.

3. Pengoprasian PC
3.1. Memulai Pengoprasian
               Untuk mengoprasikan PC tidaklah susah karena PC sudah dirancang sedemikian rupa agar mudah untuk dioperasikan oleh siapa saja. Pertama tekan tombol power on-off pada CPU sehingga lampu indicator menyala, biarkan CPU booting untuk beberapa saat sampai muncul tampilan windows.                                                                                                                 
                                   Icon Short cut 

 
Tombol start
Gambar 3.1. Tampilan Windows
Pada jendela windows akan tampak icon shortcut yang berfungsi untuk membuka software aplikasi, folder ataupun yang lainnya, juga ada tombol start yang berisi menu-menu untuk membuka atau mengexplore windows. Klik icon short cut My Computer atau klik kanan pada tombol start pilih explorer, akan tampil sebuah jendela start menu. Pada jendela start menu akan tampak drive yang dimiliki oleh komputer. Ulangi langkah tersebut untuk membuka halaman baru.


















                                                                                                              Drive komputer
Gambar 3.2. Drive Komputer
Pada gambar 3.2 tampak ada 6 drive pada computer dimulai dari C sampai drive H
3.2. Membuat dan Menghapus Folder
Folder berfungsi diumpakan sebagai rak yang dilengkapi dengan lacinya dimana kita bisa menyimpan data-data kita didalamnya sehingga tidak tercecer dimana-mana. Untuk membuat sebuah folder tentukan didrive mana kita ingin membuatnya, klik drive  yang diinginkan lalu klik file pada menu bar drive yang dipilih, kamudian pilih new>folder maka pada drive akan muncul sebuah folder dengan nama New Folder, langsung  rubah namanya sesuai dengan yang diinginkan, atau bisa juga dengan klik kanan pada folder pilih rename ketikan nama folder. Untuk menghapus folder klik kanan pada folder kemudian pilih delete.
3.3. Membuka Folder
                     Untuk membuka folder yang telah kita buat klik drive dimana folder yang ingin dibuka, double klik kiri pada icon folder yang ingin dibuka. Isi dari folder akan tampil.

3.4. Memindahkan Atau Mengcopy Data Antar Folder
                     Untuk mengcopy atau memindahkan data dari satu folder ke folder yang lain langkah-langkahnya adalah: buka folder yang datanya akan dicopy atau dipindahkan, cari data yang akan dicopy atau dipindahkan kemudian klik kanan pada data tersebut, pilih copy untuk mengcopy data tersebut atau cut untuk memindahkan data tersebut. Setelah dicopy atau dicut klik kanan pada folder yang diinginkan untuk menempatkan data pilih paste. Buka folder tempat data yang dipindahkan maka data yang tadi dicopy atau dicut akan berada pada folder yang baru.
3.5. Menggunakan Mouse
                     Penunjuk Mouse atau sering juga disebut Mouse Pointer berbentuk panah kecil yang dapat digerak-gerakan dengan menggunakan alat bantu mouse. Berikut adalah perintah perintah untuk menggunakan mouse:
      1. Click yaitu perintah untuk menekan tombol mouse sebelah kiri satu kali.
2. Double Clik perintah untuk menekan tombol mouse sebelah kiri sebanyak 2 kali.
3. Drag Perintah untuk menahan penekanan tombol mouse sambil menggeser penunjuk mouse
 4. Mematikan Komputer
               Setelah kita selesai memakai komputer maka kita harus mematikannya. Untuk mematikannya klik tombol start, pilih turn off untuk mematikan atau pilih restart untuk mematikan dan otomatis menghidupkannya lagi bila window yang kita gunakan mengalami masalah, pilih stand by untuk mode stand by pada computer.
5. Perawatan PC
         Komputer atau PC sangat sensitif terhadap lingkungan disekitarnya, karena alat-alat yang berada didalam komputer sangat kecil dan mudah sekali rusak bila kita tidak tahu cara mearwatnya. untuk merawat PC ada beberapa langkah:
1.      Perhatikan suhu didalam komputer dengan mengatur agar sirkulasi udara didalam komputer bagus, misalnya dengan menambah kipas tambahan.
2.      Jangan terlalu sering melakukan kontak langsung dengan perangkat yang berada didalam CPU, karena perangkat tersebut sangat sensitif.
3.      Jangan makan atau minum didekat komputer karena bila tidak sengaja kita menumpahkan minuman atau makanan dan terkena perangkat komputer maka akam terjadi hubungan arus pendek (korslet) yang dapat merusak komponen tersebut
4.      Lakukan perawatan rutin seperti membersihkan komputer dari debu dan kotoran.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar